PELAYANAN REKOMENDASI REAKTIFASI BPJS APBD DAN APBN NON AKTIF

Komponen Standar Pelayanan yang terkait dengan proses penyampaian pelayanan (service delivery)

No

Komponen

Uraian

1

 

 

 

 

Persyaratan

 

 

 

 

1.   Surat Rekomendasi dari Tim Penanggulangan Kemiskinan Kalurahan (TKPK) Kalurahan diketahui Lurah dan TKPK Kapanewon

2.   Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) Cap Kalurahan

3.   SuratPernyataan Miskin Tanda Tangan

4.   Skrining Kelayakan dari Kalurahan sesuai Lampiran Perbup 98 Tahun 2017 (Skrining SID)

5.   Surat Keterangan Sakit:

·       Surat Rawat Inap (Bila Opname) atau

·       Surat Rujukan dari Puskesmas atau

·       Surat Keterangan Rawat Jalan (Kontrol)

6.   Fotocopy Kartu Keluarga (C1)

7.   Fotocopy Kartu Identitas (KTP/Akte)

8.  Foto Keadaan Rumah (Depan, Belakang, Dapur, Kamar Mandi, dan Dalam Rumah)

 

2

Sistem, mekanisme dan prosedur

 

 

Prosedur Pelayanan Rekomendasi Reaktifasi BPJS APBD dan APBN Non Aktif

 

  1. Pencari/Pemohon datang mengajukan permohonan dengan membawa persyaratan yang telah ditentukan ke MPP Kabupaten Gunungkidul
  2. Petugas membuatkan rekomendasi yang ditujukan ke BPJS

 

  1. Petugas mengecek kelengkapan berkas dan jaminan Kesehatan dalam sistem BPJS Kesehatan

 

Keterangan bagan :

§  Petugas Mengecek kelengkapan berkas dan jaminan Kesehatan dalam sistem BPJS Kesehatan.

§  Berkas yang telah lengkap dibuatkan rekomendasi.

§  Petugas memberikan rekomendasi yang ditujukan ke BPJS ke pemohon. Selanjutnya pemohon menunggu BPJS aktif kembali.

3

Jangka waktu pelayanan

15 Menit

4

Biaya/tarif

Tidak dikenakan biaya (gratis)

 

5

Produk Pelayanan

Kartu Jaminan Kesehatan (KIS APBD dan APBN)

6

Penanganan pengaduan, saran, dan masukan

 

Sarana Pelayanan Pengaduan, Saran dan Masukan melalui media :

1.    Kotak saran dan keluhan, ditempel pada dinding sebelah kanan pintu masuk;

2.    Website interaktif dikelola admin

dengan alamat www.sosial.gunungkidulkab.go.id atau melalui kanal aduan https://www.lapor.go.id/

3.    Telepon atau faximile : (0274) 394226.

4.    Sms keluhan melalui kanal aduan e-lapor dengan format GK (spasi) Isi Aduan kirim ke 1708

5.    Email : sosial@gunungkidulkab.go.id atau

           gunungkiduldinsos@gmail.com

Mekanisme penanganan pengaduan, saran dan masukan akan direspon maksimal 5 (lima) hari kerja sejak diterimanya aduan melalui tahapan sebagai berikut :

1.    Mencatat dalam buku pengaduan;

2.    Cek di tempat;

3.    Koordinasi internal;

4.    Koordinasi eksternal;

Tindak lanjut dan solusi permasalahan

7

Waktu Pelayanan

§  Senin-Kamis      : 08.00 – 15.00 WIB

Istirahat            : 12.00 – 12.30 WIB

§  Jumat               : 08.00 – 15.00 WIB

Istirahat            : 11.30 – 12.30 WIB

Skip to content